Benarkah Epilepsi Menular?


Epilepsi atau ayan merupakan penyakit yang seringkali ditandai dengan kejang-kejang saat kambuh. Tak jarang banyak orang yang enggan membantu karena takut tertular, lalu benarkah epilepsi menular? Untuk mengetahui kebenarannya mari simak berbagai informasi mengenai epilepsi berikut ini.

Benarkah Epilepsi Menular, Apa Penyebab Penyakit Ini?

Tak jarang banyak penderita penyakit epilepsi dijauhi oleh orang di sekitarnya. Hal ini dikarenakan asumsi bahwa penyakit epilepsi dapat menular, benarkah epilepsi menular? Temukan kebenarannya dengan menyimak informasi berikut :

1. Epilepsi Saat Kehamilan

Ketika masa kehamilan adanya perubahan hormon pada wanita bisa menyebabkan epilepsi. Hormon estrogen dapat meningkatkan aktivitas listrik di otak, sebaliknya terjadi dengan hormone progesterone. Selalu periksakan diri ke dokter, agar tercegah dari penyakit ini.

2. Banyak Orang Rentan Terjangkit Epilepsi

Penyakit saraf ini banyak menjangkiti beragam manusia dari rentang usia muda hingga tua baik wanita ataupun pria. Faktor turunan juga menjadi salah satu faktor seseorang terjangkiti penyakit epilepsi. Rajinlah berolahraga dan terapkan gaya hidup sehat.

3. Lingkungan Yang Baik Mencegah Epilepsi

Penyakit epilepsi bisa diobati melalui suatu terapi. Pasien terapi lebih baik berada dalam lingkungan yang baik dan positif sehingga mendukung proses penyembuhan lebih cepat. Hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi bagi pasien untuk bisa sembuh.

4. Adanya Komplikasi Penyakit Lainnya

Penderita penyakit gangguan pada otak maupun saraf seperti meningitis lebih rentan terjangkiti epilepsi. Penyakit lainnya seperti HIV, infeksi saraf dan imun juga berisiko memunculkan penyakit epilepsi.

5. Pencegahan Dengan Makanan Yang tepat

Bagi orang dengan riwayat keturunan penderita epilepsi alangkah baiknya memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Sayuran dan buah dengan kandungan antioksidan baik bagi tubuh untuk mencegah epilepsi. Makanan lainnya dengan kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi juga bisa menjadi menu pilihan makanan yang tepat.

Jadi, benarkah epilepsi menular? Berdasarkan informasi di atas diketahui bahwa penyakit epilepsi bukanlah suatu penyakit yang menular. Faktor keturunan, pilihan makanan, dan komplikasi pengidap penyakit saraf menjadi penyebab seseorang berpotensi menderita penyakit epilepsi.

Sudah tahu kan fakta mengenai penyakit ini. Jika ada seseorang yang menderita penyakit epilepsi, jangan takut tertular dan bertemanlah dengannya. Sekian informasi terkait epilepsi dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Epilepsi Menular?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel