Mengapa Registrasi Sim Card Perlu NIK dan KK


Ketika anda memiliki kartu sim card baru pastinya harus melakukan registrasi perdana . ada pertanyaan ketika mengaktifkan kartu smartfren kamu? Bisa coba klik www.smartfren.com untuk petunjuk. Sudah menerima SMS dari Kementerian Kominfo? Ya, mulai 31 Oktober 2017 hingga paling lambat 28 Februari 2018, pengguna kartu prabayar diwajibkan untuk melakukan registrasi dan registrasi ulang (bagi pengguna lama) dengan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Jika tidak dilakukan, calon pengguna baru tidak bisa mengaktifkan kartu perdananya. Begitu pun dengan pengguna lama, jika tidak melakukan registrasi ulang, maka akan dikenakan pemblokiran nomor.

Kenapa cara registrasi ulang kartu prabayar wajib pakai NIK dan nomor KK?
Pro kontra mengenai kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengenai aturan validasi nomor seluler prabayarnya yang wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kini sedang mewarnai Tanah Air.

Dikutip dari DetikInet, menanggapi hal tersebut, Menkominfo Rudiantara berupaya meyakinkan masyarakat bahwa registrasi ini adalah komitmen perlindungan kepada konsumen. Selain itu juga untuk kepentingan national single identity.

Di samping itu, operator seluler pun jadi lebih mengenal siapa pelanggannya karena selama ini mereka hanya menganalisis kebiasaan saja. Sehingga ke depannya, para operator dimungkinkan mengetahui nama dan alamat pelanggan dengan pasti karena divalidasi NIK dan Nomor KK.

Selain itu, manfaat lainnya tentu adalah dari untuk melindungi masyarakat dari ancaman kajahatan yang memanfaatkan nomor seluler yang sudah tidak aktif, yang berdampak pada semakin kuatnya keamanan, transparansi dan pelayanan bagi masyarakat. Masyarakat pun menjadi nyaman karena nomornya tidak akan disalahgunakan oleh orang lain.

Di era digital seperti saat ini, diperlukan keakuratan data untuk mempermudah setiap transaksi. Maka diharapkan, saat kita melakukan transaksi non-cash, nantinya tidak ada lagi harus menulis data-data di kertas. Verifikasinya akan berdasarkan data yang sudah divalidasi dengan NIK dan Nomor KK.

Lalu, yang belum punya KTP, apakah bisa registrasi ulang kartu prabayar?
Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar - 1
Pengguna kartu prabayar akan diwajibkan melakukan validasi identitas sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Lalu bagaimana dengan anak-anak yang belum genap berusia 17 tahun atau belum memiliki KTP?

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan yang belum berusia 17 tahun atau yang belum memiliki KTP, tidak ada masalah. Mereka masih bisa melakukan registrasi dan menikmati layanan seluler dengan NIK.

NIK sebenarnya sudah diberikan sejak bayi lahir dan sudah tertulis di Kartu Keluarga (KK). Jadi, untuk anak yang belum mempunyai KTP masih bisa registrasi ulang kartu prabayar, sebab semua penduduk sudah memiliki punya NIK dan NIK tersebut ada di dalam Kartu Keluarga (KK).

Dengan demikian, untuk anak-anak atau masyarakat yang belum memiliki e-KTP masih bisa melihat nomor NIK yang terdiri dari 16 digit tersebut melalui Kartu Keluarga (KK).

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Registrasi Sim Card Perlu NIK dan KK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel